Jumat, 24 Juni 2011

DISIPLIN BERLALU LINTAS MASUK DALAM MAPEL PKn

WONOGIRI,TRIBUNEKOMPAS
By: WIWIK PRIYANTO


-Sebagai salah satu upaya mensosialisasikan disiplin berlalu lintas kepada peserta didik jenjang pendidikan dasar sampai dengan menengah, Polres Wonogiri bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan Departemen Agama Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan acara Sosialisasi Pengintegrasian materi lalu lintas pada mapel PKn untuk Guru SMP bidang PKn se-Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6) bertempat di Ruang Data Setda Kabupaten Wonogiri.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Soesetijo, S.H menyampaikan bahwa kegiatan ini dirasa sangat efektif dalam upaya meningkatkan kesadaran peserta didik untuk disiplin berlalu lintas “sekarang banyak kecelakaan yang terjadi pada anak usia dibawah 17 tahun, banyak tanda rambu lalu lintas di jalan yang harus kita taati oleh karena itu acara ini sangat efektif bagi upaya menanamkan disiplin berlalu lintas untuk peserta didik” lebih lanjut Ia berpesan kepada seluruh guru PKn agar pintar-pintar memasukkan materi disiplin berlalu lintas ke mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) “karena penambahan materi ini tidak diikuti dengan penambahan jam pelajaran” tegasnya.

Sementara itu Kasatlantas, AKP Joeharno dalam sambutannya menyampaikan bahwa angka kecelakaan di Kabupaten Wonogiri menduduki peringkat kelima se Jawa Tengah. “dalam bulan Januari hingga Mei telah terjadi kecelakaan sebanyak 232 dengan korban meninggal sebanyak 24 jiwa. Ini cukup banyak dan harus segera ditangani” katanya. Dari jumlah kecelakaan tersebut korban dengan kategori anak SMP berjumlah 84 dan SMA 285 orang.

“materi displin berlalu lintas memuat hal-hal teknis yang mungkin sulit untuk disampaikan oleh karena itu jika sekolah mengalami kendala dalam pengadaan sarana maupun penyampaian materi khususnya dalam hal teknis kami siap mengirimkan personil ke sekolah-sekolah” katanya.

Acara yang akan ditindaklanjuti dengan presentasi guru-guru MGMP Mapel PKn ini diharapkan untuk segera diaplikasikan pada tahun ajaran mendatang guna mempersiapkan diri dalam Ujian Nasional tahun depan yang diperkirakan akan memasukkan soal tentang materi disiplin Berlalu Lintas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar