Senin, 22 Agustus 2011

Stok Darah di Gorontalo Kosong, Markas TNI Jadi Sasaran

GORONTALO, (Tribunekompas)
By: Leo.S.


- Sejak awal Ramadan hingga memasuki pekan terakhir Ramadan saat ini, persediaan darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Gorontalo mengalami kekosongan.

Untuk memenuhi kebutuhan darah pasien, warga setempat terpaksa harus mendatangi Markas Tentara Nasional Indonesia yang ada di Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Kamaria Luawo, salah seorang warga di Kabupaten Gorontalo, mengungkapkan karena di UTD PMI mengalami kekosongan darah, maka mereka mendatangi markas TNI untuk meminta darah kepada prajurit-prajurit yang ada di sana.

”Ponakan saya sedang sakit keras, kalau butuh darah untuk ditransfusi, kami mencarinya di markas TNI,” ungkap Kamaria, Minggu, 21 Agustus 2011.

Astuti Nihe, warga lainnya, mengungkapkan markas TNI memang sering menjadi rujukan jika terjadi kekosongan darah di UTD PMI Kota Gorontalo. Menurutnya, jika warga di Gorontalo membutuhkan darah, sebagian besar sudah tahu dan pasti akan mendatangi markas TNI.

”Di markas TNI, setiap anggotanya pasti akan mendonorkan darah mereka dan mereka pasti akan membantu pasien yang membutuhkan darah,” ungkap Astuti.

Pasaribu, salah seorang anggota TNI di markas kompi bantuan Kota Gorontalo, mengakui bahwa hampir setiap hari banyak warga di Gorontalo yang meminta darah untuk didonorkan.

”Kami memang siap membantu seikhlasnya kalau ada warga yang membutuhkan darah. Prajurit di sini pasti akan menolong,” ujar Pasaribu.

Manajer Kualitas Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Gorontalo, Linda Olii, menjelaskan persediaan darah yang kosong diakibatkan tak satu pun pendonor darah yang menyumbangkan darahnya.

Ia menduga hal itu terkait dengan bulan suci Ramadan. Selain itu, instansi pemerintah yang biasanya bisa diharapkan juga tak mau melakukan kegiatan donor darah. “Makanya jika ada warga yang membutuhkan darah, maka mereka harus menyediakan pendonor sendiri,” kata Linda.

Padahal di daerah itu, Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Gorontalo adalah satu-satunya unit transfusi darah dan selalu menjadi rujukan hampir seluruh rumah sakit dan Pusat Kesehatan Masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar