Senin, 05 September 2011

Bupati Sidak Pegawainya, 31 PNS Tidak Hadir

WONOGIRI, (Tribunekompas)
By: Wiwik Budipriyanto.


- Tim dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Satpol PP, dan Inspektorat sesuai rencana melakukan sidak hari pertama masuk kerja PNS di Lingkungan Pemkab Wonogiri, Senin (5/9). Hasilnya, ada 31 PNS yang nihil (tidak datang-red) dengan empat diantaranya tanpa keterangan.

Kepala BKD Rumanti Permanandiyah mengatakan data itu hasil dari sidak di semua SKPD yang dilakukan oleh dua tim gabungan secara terpisah.
Dari jumlah itu, Rumanti menjelaskan secara detil.

“Perinciannya, ada 10 orang yang mengambil cuti, tujuh tidak masuk karena sakit, 10 lagi dengan disertai izin dan empat tanpa keterangan (membolos-red). Sesuai aturan (PP 52 2010-red), membolos satu hari belum bisa dikenai sanksi. Untuk sanksi teguran atasan baru bisa dilakukan jika membolos selama lima hari berturut-turut,” jelasnya.

Meski begitu jumlah PNS tidak masuk tanpa keterangan di hari pertama kerja usai libur Lebaran tahun ini lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. “Tahun lalu ada 14 PNS yang tidak masuk tanpa keterangan,” pungkasnya. Sidak dilakukan tepat setelah acara halal bihalal saat apel pagi.

Dari pantauan di enam dinas, kebanyakan pegawai baru tandatangan absen setelah tim datang. Di satu dinas, wacana untuk sidak seperti ini dinilai kurang pas diterapkan di semua SKPD. Pasalnya, ada beberapa dinas yang justru tidak libur saat cuti bersama karena tuntutan pekerjaan. Begitu pula untuk dinas yang pegawainya sering berada di luar kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar