Rabu, 28 Desember 2011

Dibahas Pembentukan Kawasan Suaka Sumber Daya Perikanan

WONOGIRI, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Wiwik Budipriyanto.


Dalam rangka peningkatan kelestarian sumber hayati perairan Waduk Serba Guna (WSG) Gajah Mungkur, Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Kabupaten Wonogiri, Selasa (27/12) menggelar acara dengar pendapat antara nelayan dan pihak terkait dalam rangka pembentukan kawasan suaka/konservasi sumberdaya perikanan di WSG Gajah Mungkur Wonogiri.

Acara yang digelar di Balai Pertemuan Nelayan, Cakaran Sendang Wonogiri ini dihadiri oleh Asisten Sekda Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Haryadi, dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dinhubkominfo), Budiyanto.

Dalam sambutannya Asisten Sekda Bagian Perekonomian, Pembangunan & Kesejahteraan Rakyat, Bambang Haryadi, menyatakan apresiasinya terhadap prakarsa nelayan bersama PT Aquafarm Nusantara yang telah mengadakan kesepakatan bersama terkait dengan batasan-batasan/zona konservasi.

“saya ucapkan terima kasih atas prakarsa komunitas nelayan dan PT Aquafarm Nusantara yang telah memiliki prakarsa sendiri dalam menentukan batasan-batasan wilayahnya untuk suaka sumberdaya perikanan, sekarang ini masih bersifat non formal kita harap nanti bisa diformalkan sehingga pada saat pengambilan kebijakan sesuai dengan apa yang kita harapkan” terangnya.

Sementara itu menurut Kepala Disnakperla, Rully Pramono Retno, Pembentukan kawasan suaka/konservasi sumberdaya perikanan ini dharapkan agar ikan tidak punah dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. “Waduk Gajah Mungkur memiliki banyak zona, seperti zona perikanan, perhubungan, pariwisata maupun PLTA, oleh karena itu perlu adanya aturan yang diatur dalam peraturan bupati untuk kelestarian sumber daya hayati agar anak cucu bisa menikmati WGM seperti yang kita nikmati saat ini” terangnya.

Pengurus Petani KJA (Karamba Jaring Apung) dan Kelompok Nelayan yang hadir dalam acara tersebut menyetujui adanya upaya Pemkab dalam mewujudkan konservasi di wilayah WGM, namun begitu mereka berharap kebijakan yang diambil tidak akan merugikan masyarakat dan lebih mengutamakan kesejahteraan masyarakat diatas kepentingan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar