Sabtu, 10 Maret 2012

Gunung Lemongan Naik Statusnya, Jadi Waspada

LUMAJANG, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Soewardi.


- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dari normal menjadi waspada. Peningkatan status gunung api dengan ketinggian 1.671 meter di atas permukaan laut ini menyusul meningkatnya aktivitas kegempaan.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik, BPBD Kabupaten Lumajang, Hendro Wahyono, Sabtu pagi, 10 Maret 2012, mengatakan peningkatan status Gunung Lemongan dari aktif normal menjadi siaga itu berlaku sejak Jumat, 9 Maret 2012 sekitar pukul 13.00 WIB. “Itu berdasarkan rilis dalam situs vulkanologi,” kata Hendro.

Pihaknya, kata dia, saat ini tengah memantau di Pos Pengamatan Gunung Lamongan di Gunung Meja, Desa Tamansari, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Informasi yang dihimpun Tribunekompas, dari situs PVMBG menyebutkan terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Lemongan. Berdasarkan pengamatan kegempaan Pos PGA Gunung Lemongan di Gunung Meja, ada peningkatan aktivitas kegempaan, terutama Gempa Vulkanik Dalam (VA) yang terjadi sejak 23 Februari 2012 dan berfluktuasi hingga 7 Maret 2012, 8 Maret 2012 secara signifikan. Pada 9 Maret 2012 sekitar pukul 03.20 WIB, mulai terekam gempa tremor menerus dengan amplitude 0,3-8 milimeter.

Berdasarkan hasil pengamatan seismik itu, PVMBG Bandung menaikkan status Gunung Lemongan dari normal (level 1) menjadi waspada (level II). Menyusul peningkatan status aktivitas vulkanik menjadi waspada, PVMB mengeluarkan rekomendasi yang isinya antara lain radius 1 kilometer dari kawah aktif harus steril dari aktivitas manusia. Warga diharapkan tenang dan tidak terpancing isu tentang letusan Gunung Lemongan.

Informasi yang dihimpun Tribunekompas, dari Kecamatan Klakah menyebutkan warga hingga saat ini masih terlihat tenang-tenang saja. “Warga masih terlihat tenang,” kata Sunarwi, salah seorang warga Tegal Randu yang bermukim di pinggiran Ranu Klakah. Sunarwi hanya bisa berdoa semoga tidak terjadi bencana yang ditimbulkan dari aktivitas Gunung Lemongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar