Selasa, 12 Juni 2012

Bibit Waluyo Tinjau Desa Mandiri Pangan di Wonogiri

WONOGIRI, (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Wiwik Priyanto.  

-  Usai menutup secara resmi pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) di Desa Gedawung Kecamatan Kismantoro Wonogiri, Selasa 12/06, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo meninjau Desa Semin di Kecamatan Nguntoronadi. Desa ini ditetapkan menjadi Desa Mandiri Pangan.

Di hadapan warga Desa Semin, Gubernur mengaku berterima kasih terhadap kreatifitas  yang ditunjukkan masyarakat, khususnya dalam mengolah potensi yang ada menjadi sumber untuk mencukupi kebutuhan pangan.

“Kepada warga Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri, saya ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kontribusinya dalam menjalankan amanat sebagai Desa Mandiri Pangan, yang juga berarti mendukung ketahanan pangan di Jawa Tengah “ ungkap Gubernur.

Bibit mengatakan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkurangnya lahan pertanian produktif, ketersediaan pangan masyarakat harus mendapat perhatian yang serius. 

“Jadi, saya minta upaya menjaga ketahanan pangan di Jawa Tengah terus ditingkatkan, termasuk melalui aksi Desa Mandiri Pangan yaitu agar masyarakat desa lebih berdaya dalam memanfaatkan sumberdaya alam secara efisien dan berkelanjutan untuk pertanian tanaman pangan sehingga tercapai kemandirian pangan di daerah. Upaya yang dilakukan harus pada semua aspek, dari produksi, distribusi, dan konsumsi “ jelasnya

Camat Nguntoronadi, Joko Triyono menjelaskan di Desa Semin hampir seluruh warga memanfaatkan lahan pekarangannya menjadi sumber olahan pangan. Diantaranya dengan menanam buah naga, aneka umbi, penggemukan ternak dan ikan, serta industri kecil pembuatan tahu tempe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar