Sabtu, 20 Juli 2013

Kualanamu Beroperasi, Kota Medan Akan Macet

MEDAN, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Leo. S.

- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan tengah menyiapkan skenario mengatasi kemacetan saat operasional Bandara Kualanamu dimulai 25 Juli 2013.

Dari rangkaian simulasi yang sudah dilakukan Dishub Medan, ruas jalan tersebut dan beberapa jalan lainnya di inti Kota Medan akan mengalami perubahan arah sehubungan penutupan Jalan Bukit Barisan (sekitar Kantor Pos Medan) mulai Kamis pekan depan. Selama ini Jalan Bukit Barisan adalah akses satu-satunya jalan menuju stasiun kereta api. Penutupan Jalan Bukit Barisan dikarenakan PT Kereta Api Indonesia tidak mengizinkan kenderaan parkir di badan jalan di depan stasiun dan akan dialihkan ke Jalan Bukit Barisan.

"Dimulainya operasional kereta api khusus Bandara Kualanamu yang serentak dengan beroperasinya bandara pengganti Polonia akan berdampak pada lonjakan penumpang kereta api antara 20 hingga 30 persen dari kondisi normal. Lonjakan penumpang akan diikuti pertambahan kenderaan ke arah stasiun kereta. Ini yang akan menyebabkan kemacetan," kata Kepala Bidang Lalulintas Angkutan Darat Dishub Medan, Suriono, Jumat 19 Juli 2013.

Beberapa ruas jalan di Medan yang diperkirakan macet menurut Suriono antara lain Jalan Pulau Penang, Jalan Kereta Api, Jalan Jawa, Jalan Raden Saleh, Jalan Balai Kota hingga Jalan HM Yamin," katanya.

Manejer Hukum PT KAI Divisi Regional Medan-Aceh, Yudi Istiarto, mengakui PT KAI tidak memiliki lahan parkir untuk kenderaan pengantar maupun penjemput calon penumpang Bandara Kualanamu yang menggunakan akses kereta api khusus bandara.

Penyebabnya, karena aset PT KAI berupa tanah di Jalan Jawa yang sudah direncanakan untuk lapangan parkir ternyata sudah berubah menjadi rumah sakit dan pusat bisnis. "PT KAI gagal mempertahankan asetnya di pengadilan," kata Yudi.

Meski pun sebagian tanah Lapangan Merdeka yang letaknya berhadap-hadapan dengan stasiun kereta api diberi izin oleh Pemerintah Kota Medan sebagai tempat parkir, namun Yudi ragu bisa mengatasi kemacetan. "Diperkirakan hanya sekitar 100 kenderaan roda empat yang bisa parkir di Lapangan Merdeka. Tentu itu tidak bisa mengatasi kemecetan. Makanya Jalan Bukit Barisan akan ditutup dan digunakan untuk tempat perkir," tutur Yudi.

Ket. Gambar: Menara ATC (Air Traffic Control) di Bandar Udara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar