Minggu, 08 Februari 2015

Tanam Benang Bisa Mengencangkan Kulit

CIBUBUR, TRIBUNEKOMPAS.
By: Anto.

-Seiring pertambahan usia, maka kekencangan dan elastisitas kulit wajah akan menurun. Akibatnya, kulit akan menjadi kendur dan secara perlahan akan timbul kerutan-kerutan pada kulit.

Terdapat banyak metode perawatan yang dapat dilakukan untuk megencangkan kembali kulit wajah dan menjaga keremajaan kulit seperti pemakaian krim dan operasi. Namun, banyak orang menilai pemakaian krim dan operasi bukan merupakan solusi yang efektif.

Kini, ada metode perwatan kecantikkan yang mengencangkan kulit wajah yang disebut dengan thread lift. Thread lift adalah metode pengencangan kulit wajah dengan cara menanamkan benang protein PDO (Polydioxanone) pada kulit. Benang ini dapat diserap oleh kulit dan akan larut dalam kulit secara perlahan setelah 6 – 8 bulan.

Benang protein PDO berfungsi merangsang produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit setra memperbaiki sirkulasi pada pembuluh darah sehingga mengurangi dampak timbulnya kerutan secara alami.

Tanam benang sangat aman, tidak memakan waktu yang lama, serta tidak menimbulakan rasa sakit. Selain itu thread lift juga tidak menimbulkan bekas luka. Sebab, thread lift tidak memerlukan pembedahan dalam penanaman benang protein PDO layaknya operasi.

Ukuran benangnya bervariasi, 0,07 milimeter hingga 0,15 milimeter dengan panjang 2 sampai 15 sentimeter.  Panjang dan tebal benang yang digunakan disesuaikan dengan area tubuh yang akan dikoreksi.

Debora Theodesia Muskita Pasaribu, SpKK dari klinik Erfa19 Citra Gran, mengatakan benang yang ditanam akan di-absorbsi oleh tubuh dan bersatu dengan jaringan sekitarnya. Benang itu akan menyatu pada kulit dalam kurun waktu 6 bulan sampai satu tahun. Ia mengingatkan agar bagian kulit yang ditanami benang tidak dipijat atau digosok karena dapat mengurangi efektivitas benang. 

Meski demikian, aktivitas sehari-sehari tetap bisa dilakukan. “Setelah penanaman benang, pasien dapat melakukan aktifitasnya,” tegasnya.
 
Dua bulan setelah penanaman benang, barulah hasilnya tampak. Keriput  berkurang, kulit tampak lebih kencang, dan elastisitas kulit bertambah. Selain mencerahkan kulit, tanam benang juga bisa meniruskan wajah. Bentuk tirus menjadikan wajah terlihat lebih menarik

Debora mengatakan efek samping dari tanam benang sangat minimal. Pasca-penanaman benang biasanya timbul bengkak dan lebam, tetapi akan menghilang dalam beberapa hari. “Untuk mengurangi efek itu, bagian yang bengkak dan lebam dapat dikompres pakai es dengan penekanan minimal,” ujar Thedora.

Di sisi lain, tanam benang tak dianjurkan untuk ibu hamil, penderita diabetes kronis, kardiovaskular akut, hipersensitif, dan gangguan perdarahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar