Selasa, 27 September 2011

PKH Kucurkan Rp 11 Miliar Untuk 9.112 RTSM di Wonogiri

WONOGIRI, (Tribunekompas)
By: Wiwik Budipriyanto.


- Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program pemerintah yang merakyat dan menjadi salah satu upaya pemerintah dalam pelaksanaan program percepatan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Melalui PKH ini ditujukan sebagai upaya percepatan penanggulangan rumah tangga yang benar-benar miskin, terutama bagi keluarga yang memiliki ibu hamil/nifas, balita dan anak usia sekolah pendidikan dasar. Pelaksanaan PKH di Kabupaten Wonogiri sebagai salah satu kabupaten yang mendapat alokasi, sampai saat ini sedang dan akan terus berjalan.

Berdasarkan data dari Bapermas Kabupaten Wonogiri, RTM di Wonogiri pada tahun 2009 mencapai 360.380 rumah tangga. Kabupaten Wonogiri sendiri mendapat alokasi dana PKH sebesar Rp 10.967.200.000 untuk 9.112 RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) di 19 Kecamatan dari 25 Kecamatan yang ada di Wonogiri.

Demikian diungkapkan Plt Dinas Sosial Kapupaten Wonogiri, Drs. Edi Topo, M.Si saat menggelar rapat koordinasi PKH tingkat Kabupaten di RM. Masakan Jawa, Selasa (27/9). Rakor tersebut menghadirkan narasumber Dra. Sunarti, M.Si dari Kemensosos RI, Dinsos Prov. Jawa Tengah, Bappeda Wonogiri, dan Dinsos Wonogiri.

Sementara itu, Sekda Wonogiri Drs. Budisena, MM mewakili Bupati Wonogiri, mengatakan bahwa di Wonogiri masih cukup banyak keluarga miskin yang belum mendapat perhatian. “Wonogiri sendiri sebenarnya masih termasuk daerah miskin, walaupun memang masyarakat Wonogiri yang merantau ke daerah lain banyak yang tergolong sukses dari segi ekonomi. Namun masyarakatnya sendiri dengan kondisi geografis pegunungan, masih banyak yang miskin,” jelasnya.

Berdasarkan pendataan terkini dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) Tahun 2011 oleh BPS Kabupaten Wonogiri diperoleh sisa quota sejumlah 3.649 RTSM yang belum terserap. “Oleh karena itu, kepada Direktur Jaminan Sosial Kemensos RI, kami mohon untuk segera diusulkan menjadi data penerima bantuan PKH di tahun 2012 yang akan datang. Selain itu, harapan kami tentunya di waktu-waktu yang akan dating masyarakat Wonogiri mendapat perhatian dari pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar