Senin, 13 Agustus 2012

Lebaran Bakal Serentak Hari Minggu

MEDAN, (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Leo.S.  

-  Ketua Hisab dan Rukyat Pengurus Besar Aljam`iyatul Washliyah (PB Al Washliyah), H.Arso MA, memprediksi bahwa Lebaran atau 1 Syawal 1433 Hijriyah (Idul Fitri) akan berlangsung serentak di tanah air. Sementara PB Al Washliyah dalam perhitungannya (hisab)  menetapkan 1 Syawal 1433 Hijriyah jatuh pada hari Minggu (19/8/2012) ini.

“Insya Allah, tahun ini Idul Fitri di Indonesia akan serentak atau bersamaan,” kata Arso ketika dihubungi via telepon selulernya di Medan, Sumatera Utara, Senin (13/8/2012).

Namun demikian, Al Washliyah sebagai Ormas Islam, kata Arso, akan tetap menunggu pengumuman resmi pemerintah melalui Kementerian Agama RI. Dan perwakilan Al Washliyah akan mengikuti sidang itsbat (penetapan) Idul Fitri 1433 Hijriyah yang akan dipimpin Menteri Agama, Suryadharma Ali, di Jakarta, Sabtu (18/8/2012) mendatang.

Menurut Arso, sesuai perhitunggan atau kalender Al Washliyah, bulan Ramadhan 1433 Hijriyah sebanyak 29 hari. “Insya Allah, tidak ada perbedaan, Idul Fitri akan bersamaan,” tegas Arso.

Sebelumnya, Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad, mengungkapkan pihaknya sudah memprediksi bahwa Idul Fitri 1433 Hijriah akan serentak. Dia menyebutkan, baik menurut perhitungan wujudul hilal maupun rukyatul hilal, posisi bulan pada tanggal 18 Agustus bulan sudah di atas lima derajat.
“Jadi sudah bisa diprediksi hasil sidang isbat nanti akan disepakati akhir bulan Ramadhan adalah tanggal 18 Agustus,” kata Dadang, kepada pers.

Di tempat berbeda, pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, pun mengisyaratkan Idul Fitri ini kemungkinan akan jatuh secara bersamaan.
Karena  ijtima akhir Ramadhan 1433 Hijriah akhir Ramadhan terjadi pada Jumat 17 Agustus dari pukul 21.50 WIB hingga 22.54 WIB bertepatan dengan 29 Ramadhan 1433 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar