Kamis, 21 Juli 2011

Ingin Raih WTP Bupati Danar Jalin MoU Dengan BPKP

WONOGIRI, TRIBUNEKOMPAS.
By: WIWIK BUDIPRIYANTO.

-Bupati Wonogiri, H. Danar Rahmanto bertekad penilaian pengelolaan keuangan oleh BPKP meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2012. Untuk meraihnya Pemkab Wonogiri kembali menjalin kerjasama dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Provinsi Jateng, Rabu (21/7) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati dengan disaksikan seluruh pimpinan SKPD se-Kabupaten Wonogiri yang dilanjutkan dengan sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara dan Inpres No 9 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa kerjasama ini diharapkan akan dapat meningkatkan dan mengembankan manajemen pemerintahan guna terwujudnya birokrasi yang bersih dan berwibawa

“dengan adanya MoU ini akan menjadikan pengelolaan keuangan dan pembangunan di Kabupaten Wonogiri dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundangan yang ada dan bisa menekan kemungkinan pelanggaran aturan sehingga di tahun 2012 kita dapat meraih WTP” harapnya.

Sementara itu Mochtar Husein, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jateng menekankan betapa pentingnya pemahaman terhadap penyusunan laporan keuangan sesuai aturan.

“dulu tiap SKPD tidak diwajibkan menyusun laporan keuangan berupa neraca maupun arus kas tapi dengan adanya UU No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU No 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara serta UU No 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Atas Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara tiap SKPD harus membuat laporan keuangan dengan jelas” katanya.

Oleh karena itu dengan adanya MoU ini diharapkan akan dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik yaitu menerapkan asas transparan, akuntabilitas, dan partisipatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar