Selasa, 12 Juli 2011

Lagi, Tiga Warga Sipil Tertembak di Puncak Jaya

JAYAPURA, TRIBUNKOMPAS.
By: LEO. S.


-Tiga warga sipil terkena tembakan di Kampung Kalome Distrik Tingginambut, Puncak Jaya, Papua, pada pukul 7 pagi tadi, Selasa 12 Juli 2011. "Informasinya, dalam baku tembak itu tak hanya warga sipil yang tertembak, tapi ada juga aparat yang jadi korban," kata Kapolres Puncak Jaya Ajun Komisaris Besar Alex Korwa kepada wartawan di Jayapura, Selasa, 12 Juli 2011.

Menurut Alex, dari informasi yang diterimanya dari Wakil Bupati Puncak Jaya Henock Ibo, aparat keamanan yang tertembak sedang mengejar pelaku penembakan sebelumnya. “Beberapa waktu lalu kan ada 3 anggota TNI dari Yonif 753/AVT Nabire dan Yonif 751/BS Sentani yang kena tembak di sekitar Kampung Kalome. Nah, beberapa aparat pagi tadi sedang menyisir dan mengejar di sekitar daerah itu,” katanya.

Kampung Kalome, kata Alex, saat ini menjadi basis kelompok sipil bersenjata ini. “Kampung ini dekat dengan Gunung Lima Jari, sehingga peredaran mereka hanya di daerah itu. Makanya penembakan saat ini hanya terfokus di daerah tersebut,” ujarnya.

Kepolisian kesulitan menangkap pelaku penembakan di Puncak Jaya karena kelompok sipil bersenjata ini sering berpindah tempat. “Mereka juga lebih menguasai daerah tersebut dibandingkan aparat yang bertugas di sana,” ujarnya.

Hingga kini, 2 anggota TNI dari Yonif 753/AVT yang diduga menjadi korban masih dirawat di RSUD Mulia. “Proses evakuasi ke Jayapura masih terhalang cuaca dan helikopter masih tertahan di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar