Sabtu, 22 Oktober 2011

Mengapa Si Doel Mau Menjadi Calon Wagub Banten

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Anto.


- Ketua DPP Bidang Informasi dan Komunikasi PDI Perjuangan, Rano Karno maju sebagai wakil gubernur mendampingi Ratu Atut Chosiyah di Pilkada Banten yang digelar hari ini, Sabtu 22 Oktober 2011.

Rano kini menjabat Wakil Bupati Tangerang, dan buka-bukaan seputar alasannya menerima pinangan Atut menjadi Wakil Gubernur Banten periode 2012-2017.

"Kenapa saya pilih Banten bukan DKI, jawaban yang bisa saya katakan, itu adalah perintah partai. Saya tidak bisa menolak, dan tidak bisa memilih," kata Rano Karno di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu, 22 Oktober 2011.

Pria akrab disapa si Doel ini menuturkan, sebagai kader partai, apalagi pengurus, dia wajib patuh pada kebijakan partai. Keputusan itupun, lanjutnya, adalah permintaan masyarakat Banten melalui DPC Banten, yang disampaikan kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Ini pakai survei, bukan ujug-ujug. Setelah dipertimbangkan, keluar rekomendasi bahwa saya diperintahkan mendampingi Ibu Atut," ujarnya.

Disamping itu, kata Rano, Atut sendiri juga pernah membicarakan hal ini dengannya sekitar 6 bulan lalu. Namun ia belum bisa memutuskan karena harus menunggu keputusan partai. Dia memang dikenal luas sebagai aktor bukan politisi. Jadi soal pinangan Atut kepada dirinya karena soal popularitas semata, ia tak begitu peduli.

"Itu terserah. Tapi tentu Bu Atut punya tolak ukur dari sudut pemerintahan, karena saya juga Wakil Bupati Tangerang," tandasnya.

Rano Karno sempat mengatakan keinginannya untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bahkan keinginannya itupun sudah diketahui partainya, PDIP. Lalu mengapa ia memilih Wakil Gubernur Banten, bukannya kursi Gubernur Banten?

"Karena kursinya kurang. Begitu juga kalau di DKI, belum tentu saya jadi wakil karena kursinya kurang. Artinya, saya hanya ingin mengabdi di tempat yang memberikan saya kesempatan," dia menjelaskan.

Rano Karno sendiri tercatat sebagai warga Jakarta, dan tak memiliki hak pilih dalam Pemilukada Banten. Rencananya ia menggelar kumpul bareng dengan tim suksenya di 'Warung Si Doel' di kawasan Alam Sutera, Serpong Tangerang siang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar