Rabu, 11 April 2012

Rokok, Kopi, dan Alkohol Picu Osteoporosis

WONOGIRI, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Wiwik Priyanto.


- Kebiasaan merokok, minum kopi, dan mengkonsumsi alkohol nyata-nyata berdampak buruk terhadap kesehatan. Salah satunya dapat memicu osteoporosis atau pengeroposan tulang.

“ Hati-hatilah bagi para pecandu rokok,penikmat kopi, dan mereka-mereka yang terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol, sebab itu semua merupakan faktor primer pemicu timbulnya osteoporosis “ ungkap dr. Amir Purnomosidi,spesialis ortopedi kepada Timlo.net di sela-sela acara pemeriksaan osteoporosis gratis di RSUD dr. Sudiran Mangun Sumarso Wonogiri Selasa (10/4).

Dijelaskan olehnya kandungan yang terdapat pada ketiga hal tadi dapat menghambat dan mengurangi massa kalsium dalam tulang. Jika ini sudah terjadi maka tulang menjadi keropos. Mudah terjadi patah ketika mengalami benturan.

Disamping faktor primer oleh rokok,kopi,dan alkohol,pengeroposan tulang diakibatkan pula faktor sekunder. “ Yaitu asupan gizi kurang dimana dalam makanan ataupun minuman yang dikonsumsi minim kadar kalsium dan nutrisi lainnya “ papar dirinya.

Amir kemudian memberikan saran bagi pecandu rokok,kopi,alkohol segera mengurangi atau membatasinya. Demikian pula untuk selalu meningkatkan asupan gizi dan nutrisi tubuh. Dan tidak kalah pentingnya teratur berolahraga dengan menggunakan beban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar