Selasa, 17 April 2012

Tomy Winata Bantah Terlibat Pilkada Aceh

JAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Parman.


- Pengusaha
Tomy Winata membantah terlibat dalam Pemilihan Umum Gubernur Aceh. Melalui kuasa hukum internalnya, Desrizal, Tomy membantah mendanai kampanye pasangan Abdullah Zaini-Muzakir Manaf. "Tomy Winata tak ada keterkaitan dengan pilkada di Aceh," kata Desrizal Senin, 16 April 2012.

Menurut Desrizal, kliennya tak bisa diwawancara karena sedang berada di luar negeri. Sebelumnya, Tomy dikabarkan ikut mendanai kampanye Abdullah Zaini-Muzakir Manaf. Bekas Gubernur Aceh yang kalah, Irwandi Yusuf, mengaku bertemu bos Artha Graha itu dua kali tahun lalu. Irwandi mengaku meminta bantua dana kampanye.

Tomy, kata Irwandi, hanya mengiyakan. Tapi sampai pemilihan berlangsung, Tomy tak mengucurkan dana serupiah pun ke Irwandi.

Irwandi mengaku menghabiskan Rp 14 miliar untuk kampanye. Dari sakunya, ia mengeluarkan Rp 6 miliar. Sisanya pinjam sana-sini. "Sekarang pusing juga bagaimana membayarnya," ujarnya. Irwandi mendengar, Tomy malah bertemu dengan Zaini Abdullah dan Muzakkir Manaf. Irwandi mengatakan tak paham terhadap alasan Tomy mendukung Zaini, kecuali dugaan taipan pemilik kawasan bisnis Sudirman Central Business District, Jakarta, ini berminat bisnis padi di Tangse, Aceh Tengah.

Muzakkir mengaku bertemu membahas dana kampanye dengan Tomy Winata pada November tahun lalu. Seusai pertemuan, kata dia, Tomy tak langsung mengeluarkan uang. "Baru pada saat Lebaran Haji, ajudannya memberi saya Rp 20 juta," ujarnya. "Mungkin untuk ongkos atau apa saya tak tahu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar