Jumat, 27 Juli 2012

Disediakan 980 Kursi Bus Mudik Gratis

MALANG (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Soewardi.  

-   Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan 20 bus untuk warga Malang Raya (Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu) mudik secara gratis. Disediakan 980 kursi untuk tujuan 12 Kota dan Kabupaten di Jawa Timur.

"Peminat pasti membludak," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Muhammad Yusuf, Kamis, 26 Juli 2012. Bus itu bertujuan antara lain ke Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, Bojonegoro, Tuban, Situbondo, Lumajang, Sampang, Pamekasan, Bangkalan, Ketapang, dan Sumenep.

Kuota warga Kabupaten Malang yang bisa ikut program itu sebanyak 165 orang. Selebihnya digunakan untuk warga Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Para peminat mudik gratis bisa mendaftar langsung ke Kantor Dinas Perhubungan di Jalan Raden Intan Nomor 1 Malang. Dibuka selama jam kerja, pendaftar wajib menyerahkan foto kopi Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Sementara, bus yang disiapkan cukup nyaman dilengkapi penyejuk udara.

Mudik gratis ini akan diberangkatkan pada 17 Agustus mendatang. Sedangkan bus selanjutnya akan diberangkatkan secara bertahap. Dinas Perhubungan juga menyiapkan penambahan armada bus untuk jalur padat. Tujuannya, untuk mencegah kepadatan penumpang saat mudik nanti.

"Termasuk komuter diharapkan siap saat angkutan lebaran," katanya. Komuter ekonomi AC ini hibah dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Operator komuter ditunjuk PT Kereta Api Daerah Operasional 8 Surabaya.

Juru bicara PT Kereta Api Daops 8 Surabaya Sri Winarto mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah setempat. Di antaranya, membahas mengenai pelayanan penumpang demi kepuasan pelanggan. Serta mematangkan rencana persiapan dan jalur. "Demi keamanan dan kenyamanan penumpang," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar