Jumat, 20 Juli 2012

DPR Menentang Pembangunan Jembatan Selat Sunda

JAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Tommy.  

-  Anggota Dewan Rakyat dari Partai Persatuan Pembangunan, Ahmad Muqowwam meminta pemerintah untuk membatalkan rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda. "Sebaiknya pemerintah melakukan diskusi publik untuk mendapatkan gambaran program yang tepat," kata dia pada Kamis malam, 19 Juli 2012.

Menurut Muqowwam pengembangan kawasan selat sunda bisa dilakukan tanpa harus membuang anggaran yang besar untuk membangun jembatan. Pada awalnya kata dia biaya pembangunan jembatan tersebut yang diusulkan sebesar Rp 84 triliun.

Muqowwam mengatakan pada saat itu pemerintah masih mempertimbangkan besarnya biaya pembangunan jembatan. Hanya saja sikap pemerintah saat ini berubah dan cenderung sepakat dengan pembengkakan biaya.

Biaya pembangunan jembatan yang rencananya digarap oleh PT Graha Banten Lampung Sejahtera tersebut membengkak hingga Rp 150 triliun. Bahkan untuk biaya studi kelayakan jembatan tersebut menelan biaya hingga Rp 3 triliun.

Muqowwam mengatakan untuk uang sebesar itu bisa dialokasikan untuk membeli 100 buah Kapal Roro. "Tentunya hal ini lebih bermanfaat karena bisa menjawab masalah pengangguran," kata dia.

Menurut Muqowwam jika pemerintah ingin mengembangkan kawasan selat sunda lebih baik, dia menyarankan supaya fokus membenahi pelabuhan yang ada di sana. Dia mengatakan langkah tersebut lebih bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar