Selasa, 07 Agustus 2012

Jelang Lebaran,Polisi dan TNI Sisir Rel Kereta Api

YOGYAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Astri.  

-  Guna memastikan keamanan perjalanan kereta api di daerah operasi 6 Yogyakarta-Jawa Tengah, polisi, anggota Tentara Nasional Indonesia, dan PT Kereta Api Indonesia menyisir rel yang dilalui kereta api. Mereka naik kereta Lori milik PT Kereta Api dari Stasiun Tugu menju Wates, Kulon Progo.

"Kami akan menyelusuri rel sepanjang 50 kilometer untuk memastikan keamanan kereta api," kata Brigadir Jenderal Sabar Raharjo, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta, sebelum berangkat dengan Lori, Selasa (7/8).

Selain Kapolda, juga turut menyisir Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adisutjipto Marsekal Pertama Abdul Muis dan Komandan Korem (Danrem) Pamungkas Kolonel Adi Wijaya. Juga KapolrestaYogyakarta dan Kapolres Sleman.

Penyisiran itu untuk memastikan rel yang dilewati kereta api saat arus mudik dan balik Lebaran aman. Juga perlintasan-perlintasan kereta api juga dipastikan aman. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Anny Pudjiastuti poihaknya juga memperbantukan 86 personel Brigade Mobil (Brimob) untuk menjaga kereta api. Mereka akan berjaga di dalam kereta api, stasiun, dan perlintasan.

"Setiap gerbong akan dijaga dua personel polisi dan polsuska (polisi khusus kereta)," kata Anny. Para personel Brimob akan dikerahkan menyisir rel dengan jalan kaki untuk meneliti kamanan rel.

Secara umum, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mengerahkan 2.582 personel untuk menjaga keamanan saat musim libur Lebaran. Semua tempat rawan diwaspadai. Terutama di lokasi wisata, kompleks kos-kosan dan perumahan yang ditinggal mudik penghuninya. "Masyarakat juga diminta hati hati," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar