Kamis, 21 Maret 2013

Harga Bawang di Malang dan Makassar Turun

BATU, (TRIBUNEKOMPAS)  
By: Soewardi.  

-  Harga bawang putih di beberapa daerah berangsur-angsur turun ke tingkat normal. Hal ini terjadi karena pasokan bawang impor dan lokal mulai masuk pasar.

Di Pasar Batu, Malang Jawa Timur, harga bawang putih menurun dalam sepekan, dari Rp 70 ribu menjadi Rp 26 ribu. Para pedagang bahkan memperkirakan harga bumbu dapur ini akan menyentuh Rp 10 ribu dalam sepekan ke depan. "Saya tidak berani membeli dalam jumlah besar, takut rugi," kata Suciati, salah satu pedagang di Pasar Batu, Rabu, 20 Maret 2013.

Suciati mengatakan hanya bisa menjual 1 kilogram bawang putih sehari, setelah harganya melambung. Dia berharap pasokan bawang putih lokal dari daerah penghasil di Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai lancar. Selain pasokan petani lokal, stok bawang putih di pasaran diperkirakan kembali melimpah setelah pemerintah membebaskan 375 peti kemas yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak.

Di Subterminal Agrobisnis Mantung Kecamatan Pujon, Malang, harga bawang putih kini mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Pasokan bawang di tempat itu berasal dari Batu dan Pare Kediri. Namun, harganya kemungkinan akan kembali melambung lantaran stok terus menipis. "Dulu bisa 1 ton, sekarang hanya 1 kuintal sehari," kata Kepala Subterminal Agrobisnis Mantung, Totok Purwanto.

Di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, harga bawang putih bertengger di level Rp 55 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga komoditas ini sempat mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar