Senin, 22 Juli 2013

Pelabuhan Merak Siapkan Dermaga Khusus Motor

BANTEN, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Warto.

- PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak menyiapkan jalur dan dermaga khusus bagi pemudik Lebaran yang menggunakan motor. "Kami akan menyiapkan dermaga IV dan V khusus bagi pemudik sepeda motor," kata Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Nana Sutisna, melalui keterangan resmi, Minggu, 19 Juli 2013.

Penyediaan dermaga serta jalur khusus tersebut bertujuan untuk meminimalisasi kesemrawutan di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni. Penerapan jalur khusus pemudik dengan motor diberlakukan mulai H-7. ASDP Indonesia Ferry memperkirakan jumlah pemudik dengan motor di lintas Merak - Bakauheni pada tahun ini naik 10 persen.

Nana memprediksi puncak pemudik dengan motor akan terjadi pada H-3 Lebaran. Karena, kata dia, semua perusahaan di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) sudah diliburkan. Meski Dermaga IV dan V disiapkan khusus pemudik untuk motor, Dermaga I, II, dan III juga bisa digunakan jika kepadatan terjadi.

Selama ini, Dermaga I, II, dan III digunakan untuk mobil pribadi, bus, serta truk pengangkut sembilan bahan pokok (sembako).

Kementerian Perhubungan menyatakan akan ada lebih dari 40 kapal yang beroperasi di lintas Merak-Bakauheni pada masa mudik Lebaran mendatang. "Ada 42 kapal yang kami siapkan," kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Penyeberangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Kementerian Perhubungan, Sudirman Lambali.

Ia menjelaskan, tidak ada penambahan kapal dalam masa mudik Lebaran. Namun, kata Sudirman, di luar masa mudik, ada beberapa kapal yang harus menjalani "docking" karena kerusakan mesin. Saat masa mudik tiba, ia melanjutkan, sudah tidak ada kapal yang masuk "docking".

Sudirman pun merasa diuntungkan dengan larangan operasional kendaraan besar dengan sumbu lebih dari dua sejak H-4 hingga hari Lebaran. "Malah kami untung, dengan demikian, ada "space" besar untuk banyak kendaraan," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar