Selasa, 22 Oktober 2013

Sesuai Kebutuhan, Pemkab Situbondo Beli Mobil Dinas Rp 1,3 Miliar

SITUBONDO,TRIBUNEKOMPAS.
By: Soewardi.

-Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, kembali membeli 5 unit mobil dinas mewah total senilai  Rp 1,3 miliar. Mobil-mobil itu adalah satu unit Honda CRV, 3 unit Kijang Innova dan 1 Isuzu ELF. "Ini sesuai kebutuhan," kata Kepala Bagian Perlengkapan, Situbondo, Tugas Prijanto, kepada Tribunekompas, Selasa 22 Oktober 2013.


Kelima mobil tersebut datang Senin sore, 21 Oktober 2013. Menurut Tugas, Honda CRV seharga Rp 363 juta itu diperuntukkan bagi Sekretaris Kabupaten, Syaifullah. Tiga unit Inova yang harganya Rp 230 juta per unit diberikan kepada tiga asisten sekretaris kabupaten, sedangkan Isuzu ELF yang harganya Rp 317 juta digunakan untuk kendaraan operasional.

Menurut Tugas, Sekretaris Kabupaten sebelumnya menggunakan Kijang Innova dan Asisten mengendarai Kijang LGX. Spesifikasi kedua jenis mobil dinas itu sesuai permintaan dari pengguna. Apalagi, biaya perawatan kedua jenis mobil ini, kata dia, selama ini sangat boros. "Beli mobil dinas baru tak masalah asalkan tak melebihi 2.000 CC," kata Tugas berkilah. Mobil dinas yang lama akan diberikan kepada satuan kerja yang lain karena masih bisa dioperasikan.

Kordinator LSM Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Garansi), Situbondo, Supriyono, mencatat pengadaan mobil mewah untuk pejabat telah dilakukan sejak 2009. Saat itu, Pemkab membeli mobil dinas untuk 17 camat jenis APV GX Arena seharga Rp 155 juta per unit. Pada 2012, Pemkab membeli tiga unit mobil jenis Toyota Fortuner untuk bupati, wakil bupati dan ketua DPRD Situbondo. Pada tahun yang sama, Muspida setempat juga mendapatkan Kijang Innova.

Menurut Supriyono, gaya hidup pejabat yang memakai mobil mewah itu sangat kontras dengan kondisi masyarakat Situbondo. Anggaran mobil dinas Rp 1,3 miliar itu, kata dia, jauh lebih besar dibandingkan anggaran untuk penanganan gizi buruk. "Pejabat Situbondo tidak berpihak pada masyarakat kecil."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar