Kamis, 24 Oktober 2013

Tiga Bencana Alam Akan Ancam Semarang

SEMARANG, TRIBUNEKOMPAS.
By: Bambang. R.

-Tiga bencana pada musim hujan mengancam Kota Semarang. Banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung diperkirakan bisa terjadi karena karakteristik geografis dan perubahan cuaca ekstrem.

“Bisa terjadi di perbukitan pesisir pantai, sementara lahan pantai di Kota Semarang makin kritis oleh penurunan permukaan tanah,” kata Iwan Budi Setyawan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota Semarang, saat apel siaga bencana, kemarin.

Menurut Iwan, tiga titik rawan bencana longsor dan angin puting beliung di tiga kecamatan, yaitu di daerah perbukitan Kecamatan Candisari, Gajahmungkur, dan Banyumanik. Sedangkan daerah rawan banjir terjadi di perbatasan pantai utara Jawa, meliputi Kecamatan Tugu, Semarang Barat, Semarang Utara, Semarang Timur, Gayamsari,dan Genuk.

Karena itu, dia sudah mengajukan tambahaan dana kebencanaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2013 Perubahan. Anggaran sebesar Rp 200 juta itu untuk pengadaan logistik kebencanaan. “Ini sebagai langkah ansitipasi,” kata Iwan.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Kota Semarang, Abel Monteiro, mengatakan telah membentuk delapan kelurahan siaga bencana. “Itu sudah dilakukan dalam kurun dua tahun terakhir,” kata Abel.

Delapan kelurahan itu adalah Lempongsari, Bandarharjo, Kaligawe, Wonosari, Muktiharjo lor, Kemijen, Sukorejo, dan Jomblang. Abel menyebutkan, kelurahan-kelurahan itu memiliki karakteristik cara menghadapi bencana yang berbeda, baik banjir, puting beliung, longsor, hingga kebakaran. “Setiap kampung siaga kami fasilitasi peminjaman alat komunikasi hingga perahu karet,” katanya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana perlu ditanamkan. Sebab, potensi bencana tidak hanya pada musim penghujan, namun juga pada peralihan musim. “Saat pancaroba juga rawan angin puting beliung, makanya kami minta warga apel siaga,” kata Hendrar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar