Selasa, 15 Oktober 2013

Tukang Becak Ini Berkurban Sapi Seharga Rp 13 Juta

PASURUAN, TRIBUNEKOMPAS.
By: Soewardi.

-Keinginan Bambang (51) untuk membeli sapi kurban akhirnya terwujud. Ayah satu orang anak yang sehari-hari bekerja sebagai penarik becak di alun-alun Kota Pasuruan ini mengaku sangat bahagia.

“Alhamduillah, Saya orang miskin masih bisa kurban,” kata Bambang, saat ditemui di rumahnya, kemarin (14/10/13) siang. Saat ditemui di rumahnya Jalan Pucangan Nomor 9 RT 4 RW 4, Kecamatan Purworejo, Bambang menceritakan bagaimana akhirnya ia bisa membeli seekor sapi seharga Rp 13 juta.

Bambang menuturkan, uang yang dia gunakan adalah hasil pendapatan setiap hari dari penghasilannya menarik becak selama lebih dari lima tahun. Bambang mengatakan, sehari-hari dia berangkat menarik becak dari sekitar pukul 06.00 sampai pukul 12.00.

Maklum, usianya yang menginjak 50 tahun, membuatnya tak mampu mengayuh becak terlalu lama. Dalam satu hari, biasanya dia mendapat hasil sebanyak Rp 20.000-Rp 50.000. “Ya kadang Rp 20.000, kalau pas ramai bisa Rp 50.000,” katanya.

Bambang mengaku juga mempunyai dua pelanggan tetap, yaitu seorang pelajar SDN Pakuncen, dan pelajar SMPN 5 Pasuruan. Setiap hari, dia mengantar jemput dua pelajar itu.
Sekali antar, dia mendapat upah Rp 3.000. Uang bayaran atau upah tersebut, biasa dia ambil seminggu sekali, untuk dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan di jok becak miliknya.

Pria yang mengaku tak pernah mengenyam pendidikan ini, menambahkan, selain uang dari hasil keringatnya, ia juga dibantu istrinya Mahmuda (46), yang bekerja sebagai tukang pijat. Istrinya, mendapat upah Rp 15.000 hingga 20.000 untuk satu orang yang dipijat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar