Jumat, 08 November 2013

HIV/AIDS Tersebar di Seluruh Kecamatan di Kebumen

KEBUMEN, TRIBUNEKOMPAS.
By: Suroyo.

-Persebaran penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kini sudah menjangkau seluruh kecamatan di daerah itu. Jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. “Pada September lalu, di seluruh kecamatan tercatat sudah ada penderita HIV/AIDS,” kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Cokroaminoto, kemarin.

Dia mengatakan, sebelum September 2013, di Kecamatan Padureso masih belum ditemukan adanya kasus HIV/AIDS ini. Namun, akhirnya wilayah ini pun menyusul dengan penderita HIV/AIDS di 25 kecamatan.
Menurut dia, selama kurang dari dua tahun terakhir, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Kebumen menemukan 122 kasus. Sejak awal 2013 hingga bulan September 2013 ditemukan 50 kasus.
Masih menurut Cokroaminoto, penderita HIV/AIDS pertama kali ditemukan di Kabupaten Kebumen pada 2003 sebanyak satu kasus. Hingga 2013, temuan paling tinggi pada 2012 yang mencapai 72 kasus.
Sedangkan pada 2013 hingga September sudah ditemukan 50 kasus. Dari 287 kasus HIV/AIDS selama 10 tahun terakhir ini, sebanyak 68 persen merupakan kasus AIDS, sisanya 32 persen kasus HIV. Dari 287 kasus tersebut, sebagian besar sudah meninggal dunia. “Sekarang ada 50-an orang pengidap HIV/AIDS yang masih dalam perawatan,” katanya.
Sekretaris Daerah Kebumen, Adi Pandoyo, mengatakan Pemerintah Kabupaten Kebumen telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV/AIDS. “Perda ini untuk memberikan perlindungan masyarakat dari risiko penularan HIV/AIDS. Serta untuk memberikan pelayanan terhadap penderita HIV/AIDS,” kata dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar