Kamis, 14 Juli 2011

Direktur PDAM Sumadi Dipertahankan Memimpin Kembali PDAM

WONOGIRI, TRIBUNKOMPAS.
By: WIWIK PRIYANTO


-Sempat bermasalahnya proses perekrutan direktur PDAM Giri Tirta Sari di awal pemasangan pengumuman sebenarnya tidak perlu terjadi. Bupati sebenarnya bisa menggunakan hasil audit BPK Pusat terkait kinerja dan pencapaian PDAM selama dipimpin oleh Sumadi dalam menentukan laik tidaknya Sumadi menjabat menjadi direktur kembali. Hal itu diutarakan Sardi, Ketua Fraksi API (PAN, PPP,
Gerindra), fraksi pengusung pasangan Danar-Yuli pada Pemilu Kada 2010 lalu, Rabu 13/7. Menurutnya hasil audit BPK bahwa PDAM Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) mau tidak mau menyatakan bahwa selama dipimpin Sumadi, PDAM mencapai kemajuan. Tidak gampang untuk meraih predikat WTP itu.

“Seharusnya bupati bisa mempertimbangkan hasil audit itu. Sehingga langsung menunjuk Pak Sumadi menjadi direktur lagi. Tidak perlu perekrutan, toh Pak Sumadi baru satu periode menjabat. Peraturan itu kan sudah jelas di Permendagri yang mengatur direktur PDAM. Bahwa setelah empat tahun menjabat, bisa dipilih kembali jika memang dinilai baik. Bupati harusnya melihat itu. Meski kini ada Perda, Permendagri kan kedudukannya lebih tinggi,” jelasnya.

Dengan hasil audit BPK seperti itu, maka berarti manajemen di PDAM sempurna. Selain itu selama Sumadi menjabat sebagai direktur, hibah dari luar negeri banyak yang masuk. Hal ini dijelaskan hanya bisa dilakukan oleh pimpinan yang betul-betul pro aktif. “Dengan adanya perekrutan itu sebenarnya justru rawan dipermasalahkan. Saat pengumuman saja sudah timbul permasalahan. Harapannya jangan sampai proses itu terganjal masalah-masalah yang sebenarnya tidak perlu terjadi,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar