Sabtu, 09 Juli 2011

Gerobak Pedagang di Malioboro Seragam Bergambar Wayang

YOGYAKARTA, TRIBUNKOMPAS.
By: ASTRI.


Gerobak Pedagang Kali Lima (PKL) penjual suvenir di sepanjang jalan Malioboro akan diseragamkan. Seragam meliputi bentuk, ukuran dan hiasan.

“Pada tahap awal ada 30 gerobak yang diperbantukan kepada pedagang. Penyeragaman bertujuan untuk mempermudah pengoperasian, penataan, dan keindahan,” kata Zenni, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta, kemarin.

Untuk tahap awal itu, gerobak diberikan kepada 30 pedagang yang berada di sisi barat jalan mulai dari sisi paling utara hingga jalan Sosrowijayan. Karena pedagang suvenir di lokasi wisata paling ramai di Daerah Istimewa Yogyakarta itu sangat banyak, maka pedagang lain diharap bisa menunggu hingga tahap pertama selesai.

Untuk pengadaan gerobak yang nilai per unitnya mencapai Rp 3,5 juta itu, pemerintah tidak mengeluarkan dana. Biaya penyeragaman diperoleh dari sumbangan perusahaan-perusahaan atau pelaku usaha di Yogyakarta.

Penyediaan tahap pertama, kata dia merupakan sumbangan dari penyedia jasa jaringan selular. Pada gerobak itu juga diperbolehkan adanya gambar dari produk penyumbang dengan ketentuan juga membayar pajak. Selain itu, juga ada gambar dengan ciri Yogyakarta seperti gambar wayang. “Dalam dua bulan ini 30 pedagang akan menerima gerobak tersebut,” kata dia.

Rencananya, kata Zenni, pemerintah membuka peluang kepada para pelaku usaha untuk memberikan gerobak dengan gambar khas dan logo produk. Sebab, total pedagang yang harus diberi gerobak seragam itu sebanyak 823.

Dihubungi terpisah, Ketua Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro Tri Dharma Paul Zulkarnaen menyatakan, pihaknya sudah menosialisasikan penyeragaman gerobak yang akan dilakukan secara bertahap kepada para pedagang.

Menurut masukan dia, gerobak seragam itu akan diberikan kepada pedagang yang menghadap jalan Malioboro di sisi barat. Selain langsung terlihat dari jalan juga untuk memberikan ruang luang bagi pemberi gerobak untuk memajang logonya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar