Jumat, 29 Juli 2011

Rapat Paripurna DPRD Wonogiri Eksekutif Banyak Tidak Datang

WONOGIRI, TRIBUNEKOMPAS.
By: WIWIK BUDIPRIYANTO


-Ada pemandangan tidak biasa di Rapat Paripurna Laporan Reses II Fraksi di DPRD, kursi untuk pejabat eksekutif baru terisi satu orang. Saat itu, jumlah
anggota dewan yang hadir sudah 41 dari 51 anggota. Agenda rapat pun dilanjutkan setelah beberapa anggota dewan menginterupsi.

“Memang tidak ada klausul dalam tata tertib persidangan bahwa pihak eksekutif harus hadir dalam rapat paripurna. Tetapi karena hasil reses adalah aspirasi masyarakat, maka akan lebih baik hadir. Jadi dilanjutkan saja. Ini beberapa sudah hadir meski tadi diundang by phone (lewat telpon-red),” terang Martanto Ketua Komisi D.

Sardi Anggota Komisi B juga menyatakan sah, tapi menyayangkan ketidakhadiran eksekutif itu. Menurutnya, kehadiran eksekutif perlu karena laporan reses akan berdampak pada kebijakan dan anggaran. Akhirnya, Ketua DPRD Wawan Setya Nugraha memutuskan rapat diteruskan. Yang sudah terjadi agar dijadikan refleksi untuk yang lebih baik.

“Entah disengaja atau tidak disengaja, ini hal yang tidak enak. Tadi informasi dari wakil bupati katanya ada beberapa yang belum mendapat undangan. Terimakasih untuk muspida yang sudah komplit datang,”
katanya.

Seiring rapat yang sedianya dimulai jam 09.00 WIB itu berjalan, satu persatu eksekutif datang. Dari pengakuan beberapa diantaranya, mereka mengatakan belum ada undangan sehingga tidak tahu ada jadwal rapat paripurna. Kebanyakan baru tahu setelah ditelpon oleh rekan lain. Sekretaris Dewan Haryono mengatakan surat pemberitauan kepada bupati sudah dikirim.

“Surat itu berisi pemberitahuan bahwa akan ada rapat paripurna dan di surat itu dinyatakan agar mengundang seluruh SKPD untuk menghadiri,” jelasnya. Sementara itu Reni Ratnasari Asisten I Pemerintahan mengatakan memang ada miskomunikasi sehingga banyak eksekutif yang datang terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar