Jumat, 16 September 2011

Andum Ketupat Lebaran

WONOGIRI, (Tribunekompas)
By: Wiwik Budipriyanto.


- Gebyar Syawalan 2011 akan ditutup dengan acara andum ketupat oleh Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto Rabu (14/9). Panitia bersama masyarakat telah menyiapkan 4.000 buah ketupat di acara tersebut Puncak acara itu akan dibarengkan dengan kegiatan upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan Hari Aksara Internasional (HAI).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Pranoto di lokasi obyek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Sendang, Wonogiri. Menurutnya, prosesi ketupat dikemas bersama para nelayan yang tergabung dalam wadah Masyarakat Gajah Mungkur (MGM) dan pecinta olahraga dirgantara, Gantolle

“Sejumlah ketupat akan dibawa oleh para nelayan dengan perahu yang menelururi perairan WGM sejauh 2 km. Bersamaan dengan itu, dari Bukit Gantolle, dua penerbang akan membawa ketupat untuk diserahkan kepada Pak Bupati,” ujarnya. Ditambahkan oleh Kasi Olahraga, Joko Nugroho, dua glider yang ikut memeriahkan acara itu adalah Oke Andriyanto dari Solo dan Susetyoko dari Karanganyar.

“Glider akan mengenakan pakaian Gatutkaca.” Pranoto mengatakan jumlah pengunjung WGM selama acara Gebyar Syawalan 2011 sebanyak 103.136 pengunjung. Jumlah itu merupakan rekor terbesar dalam lima tahun terakhir karena setahun lalu jumlah pengunjung di WGM hanya mencapai 98.000 orang.

“Pengunjung obyek wisata tahun ini meningkat, termasuk obyek wisata museum karst di Gebangharjo, Pracimantoro. Tahun lalu sebanyak 8.400 orang, tahun ini jumlah pengunjung sebanyak 9.200 orang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar