Jumat, 23 September 2011

SBY: Reshuffle Sebelum 20 Oktober

JAMBI, (Tribunekompas)
By: Leo.


- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya memastikan akan melakukan reshuffle (perombakan kabinet) sebelum 20 Oktober 2011 atau sebelum usia pemerintahannya memasuki tahun kedua sejak 2009.

"Bulan depan akan genap kabinet Indonesia Bersatu II berusia dua tahun, sehingga dengan pola pikir seperti itu evaluasi separuh jalan" kata Presiden SBY saat membuka Munas Persatuan Tarbiyah Islamiyah di Jambi, Kamis 22 September 2011 malam." Saya mesti mengatakan sekarang saat yang tepat melakukan penataan kembali atas kabinet yang saya pimpin, karena saya ingin tiga tahun mendatang memiliki kinerja yang baik,"

Menurut Presiden, perombakan kabinet itu didasarkan atas pertimbangan rasional, merujuk pada kinerja dan integritas. Termasuk pada penilaian objektif dan sesuai dengan tantangan kabinet tiga tahun mendatang.

"Prinsip right man dan right place. Beberapa menteri mungkin sudah cukup" kata SBY. " Saat ini diperlukan pejabat baru sesuai tantangan tiga tahun mendatang"



Karena itu, SBY meminta semua pihak memberi kesempatan kepadanya untuk menyusun komposisi kabinet, sesuai kewenangan konstitusi yang dimilikinya. Saat ini, kata SBY, banyak figur-figur baik yang langsung atau tidak langsung menyatakan kesiapannya masuk ke jajaran kabinet. Namun, Presiden mengatakan akan menilai secara objektif kemampuan apakah tepat menduduki jabatan yang dibutuhkan.

"Saya tahu banyak yang akan jadi menteri, banyak yang sampaikan minatnya pada saya baik langsung ataupu tidak langsung" kata SBY. "Itu tidak dilarang tetapi tentu tidak baik kalau kita berpikiran bongkar habis dan (berpikiran-red) yang penting gantian padahal tujuan tidak jelas,"

SBY menambahkan, "Saya mohon pengertian, dengan demikian kabinet bisa terus lanjutkan tugas efektif menuju 2014 terbuka kompetisi di antara calon pemimpin dan doakan para calon pemimpin itu bisa berkompetisi dengan baik."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar