Rabu, 23 November 2011

Linmas Wonogiri Dilatih PBB

WONOGIRI, (Tribunekompas)
By: Wiwik Budipriyanto.


- Sebanyak 80 hansip/linmas dari 294 desa/kelurahan di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri mengikuti pelatihan dasar mulai Senin (21/11) hingga Selasa (22/11). Selain dilatih dasar-dasar beladiri oleh polisi, mereka juga dilatih teknik memadamkan api oleh Pemadam Kebakaran dan penanganan pertama pada korban kecelakaan oleh PMI. Kepala Bidang Linmas Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Suwarso melalui Kasubid Sumberdaya Manusia Supriyanto mengatakan ada 13.000 hansip/linmas di Kabupaten Wonogiri.

Mereka termasuk pekerja sosial sehingga tidak ada honor bulanan. “Karena pekerja sosial mereka memang tidak mendapat bayaran apapun secara bulanan. Meski jika dilihat beban kerja mereka juga bertumpuk. Selain menjaga ketentraman dan ketertiban, mereka juga dititikberatkan untuk penanggulangan bencana,” katanya kemarin.

Meski begitu ada dana tali asih dari provinsi tiap tahun bagi mereka. Tapi jumlahnya tidak banyak. Tahun 2010 lalu ada untuk 20 orang masing-masing Rp 500.000, tahun 2011 hanya untuk 11 orang. Terkait pelatihan rutin ini dijelaskan para hansip/linmas diharapkan bisa siaga dan siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain pelatihan di tingkat kabupaten, secara rutin dikirim pula hansip/linmas untuk menjalani pelatihan di provinsi. Biasanya bagi hansip/linmas inti yang ada di kabupaten.

Ditempat terpisah pelatihan baris berbaris dilakukan di Alun Alun Giri Krida Bakti dengan Instruktur Subagiyo ,menurut keterangan Suwarso Kabid Bidang Linmas setiap Kecamatan mengirimkan tiga personil Hansip untuk mengikuti pelatihan dasar Hansip sedangkan kegiatan meliputi ,penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar