Kamis, 08 Maret 2012

Tak Kehilangan Akal, TKI Sukabumi Bidik Negara Asia

SUKABUMI, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Irpan.


– Negara tujuan para TKI asal Sukabumi, Jawa Barat tampak mulai beralih dari Timur Tengah ke negara Asia. Buktinya, dari sekitar 236 TKI yang terdata di Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi hampir seluruhnya ke sejumlah negara Asia, seperti Taiwan, Hongkong, Singapura, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Bahrain.

Hanya saja, dari ratusan TKI itu masih didominasi pekerja informal seperti pembantu, sopir dan lainnya. Sementara untuk pekerja formal, jumlahnya masih minim.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Ismail menjelaskan, sebanyak 236 TKI ini merupakan hasil pendataan sepanjang tahun 2012. Ismail memperkirakan, jumlah TKI masih banyak.

“Ini yang baru terdaftar saja. Mereka yang terdaftar menggunakan jalur legal. Ada juga yang berangkat tidak melaporkan kepada kita, jadi tidak terdata,” kata Ismail kepada wartawan, Rabu (7/3) siang.

Maka itu, Ismail mengajak kepada para calon TKI yang akan berangkat menempuh jalur atau mekanisme yang resmi. Dengan begitu, ketika terjadi permasalahan akan lebih mudah diproses.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim menuturkan, jumlah TKI yang tidak melaporkan ke instasinya masih banyak. Pasalnya, tidak sedikit para calon pahlwan devisa menggunakan jalur ilegal. Malah, ada juga yang memakai identitas palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar