Selasa, 22 Mei 2012

5 Desa di Wonogiri Masih Tergolong Miskin


WONOGIRI, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Wiwik Priyanto.

- Setidaknya
5 (lima) desa di Kabupaten Wonogiri digolongkan dalam kategori
miskin. Penyebabnya jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan mencapai
prosentase lebih 30 dari total penduduk di masing-masing desa.

Kelima desa tersebut adalah Desa Kerjo Lor dan Desa Ngadirojo Kidul di Kecamatan Ngadirojo, serta Desa Pucanganom di Kecamatan Giritontro. Sedang dua lagi di Kecamatan Kismantoro (Desa Gedawung) dan Kecamatan Purwantoro, yakni Desa Kepyar.

“ Dari kelimanya yang paling miskin adalah Desa Kepyar sebab jumlah penduduk yang termasuk miskin mencapai 38 persen dari seluruh warga desa, sedangkan desa lainnya rata-rata 30 sampai 35 persen “. Demikian diutarakan Ketua Komisi D DPRD Wonogiri, Sriyono kepada sejumlah media Senin (21/5).

Menurut Sriyono, data yang didapat Komisi yang membidangi permasalahan kesejahteraan
rakyat ini berasal dari berbagai sumber. Termasuk dari Dinas Sosial dan BPS.

“ Yang terpenting bukanlah mempermasalahkan data itu didapat dari mana, tapi sangat urgent untuk mengambil langkah bijak supaya problem bisa teratasi “ terang politisi bertubuh tambun itu.

Masih berdasarkan perkataan dia harus ada sinergisitas antar SKPD dan institusi lainnya agar tidak terjadi saling tumpang-tindih kepentingan. “ Juga jangan sampai ada kepemihakan terhadap pemilik modal besar oleh pemerintah kabupaten, ini berbahaya bisa berakibat timbulnya kesenjangan sosial, dan dapat pula disebut upaya kebijakan kapitalis “ terang Sriyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar