Rabu, 09 Mei 2012

Awas! Benjolan di Ketiak Bisa Pertanda Kanker

JAKARTA, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Wiwik Priyanto.

- Benjolan
di bagian tubuh manusia seperti pada ketiak seringkali tidak diperhatikan dan cenderung dibiarkan saja. Padahal bisa jadi benjolan tersebut merupakan awal pertanda datangnya penyakit kanker.

“ Ada beberapa tempat di dalam tubuh manusia yang riskan akan munculnya benjolan KGB atau Kelenjar Getah Bening, antara lain di ketiak, belakang telinga, dan leher bagain belakang “ ungkap Heri Purnomo dari YPKI (Yayasan Peduli Kanker Indonesia) saat memberikan ceramah soal bahaya kanker kepada sekira 120 karyawan Toserba Luwes Wonogiri di ruang lantai II, Rabu (9/5).

Benjolan tersebut menurut Heri terkadang bisa hilang dengan sendirinya, tetapi acapkali tidak bisa hilang. “ Bahkan bisa semakin mengeras dan membentuk suatu jaringan tumor, kalau dibiarkan lambat-laun akan berubah menjadi kanker ‘. Demikian dirinya menandaskan.

Sehingga, lanjut Heri, semua orang perlu mewaspadai adanya benjolan pada tubuh. Sebab bisa saja itu merupakan awal datangnya penyakit kanker.

“ Terbentuknya kanker memerlukan waktu yang cukup lama, kebanyakan berlangsung selama 15 sampai 25 tahun “ ujarnya.

Lantaran proses yang berlangsung lama, banyak penderita kanker baru menyadari saat penyakitnya sudah parah. Penderita sebelumnya merasa sehat-sehat saja.

“ Oleh sebab itu masyarakat perlu mengetahui bagaimana tanda –tanda kanker, termasuk mengetahui gejala awalnya, juga sinyal-sinyal yang bisa melahirkan kanker, seperti adanya benjolan tadi “ imbuh Heri.didampingi Lagiyato Personalia Toserba Luwes Wonogiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar