Kamis, 21 Juni 2012

11 Tahun, Otsus di Papua Masih Jadi Keluhan

MANOKWARI,  (TRIBUNEKOMPAS)  
By:  Guntur.  

-  Menteri koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Polri Jenderal Polisi Timur Pradopo dan Kepala BIN Marciano Norman menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat di Manokwari, Papua Barat, kemarin 20/6/2012. Pertemuan di Aston Niu Hotel itu, selain membicarakan masalah keamanan, juga menjadi kesempatan bagi para tokoh masyarakat untuk menyampaikan keluhan soal pelaksanaan Otonomi Khusus (otsus).

Djoko mengatakan, meski sudah berjalan 11 tahun, para tokoh Papua merasa Otsus belum memberikan harapan kepada masyarakat setempat. "Dari pertemuan ini ada kekecewaan masyarakat atas pelaksanaan Otsus, karena sebagian masyarakat belum tersentuh. Padahal Otusus ini menurut mereka sudah berjalan hampir 11 tahun,” kata Djoko.

Menurut, Djoko, Otsus yang diturunkan oleh pemerintah pusat kepada Papua ini sebenarnya merupakan program berkelanjutan, sehingga pemerintah kemudian mengeluarkan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B). Untuk itu. Djoko berharap keluhan dari tokoh Papua ini harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah secara lebih serius.

Djoko Suyanto juga mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung sehari ini, para tokoh menginginkan adanya kedamaian di tanah Papua. Apalagi, menurutnya konflik yang terjadi di Papua bukan merupakan konflik agama, tetapi hanya merupakan tindakan kriminal murni. Sehingga untuk menjaga situasi keamanan di Papua semua unsur harus terlibat, baik itu TNI-POLRI dan semua tokoh masyarakat.

"Pertemuan dengan masyarakat tadi sangat kondusif. Semua persoalan diutarakan, meski ada yang menyampaikannya sedikit emosi. Namun dari hasil pertemuan ini intinya membangun Papua harus dengan pendekatan damai, dan menciptakan rasa aman dan damai itu bukan semata hanya tanggung jawab TNI/Polri tetapi semua kalangan masyarakat," kata Djoko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar