Senin, 15 April 2013

Sekda Kab. Wonogiri Sidak UN ke 3 Sekolahan

WONOGIRI, (TRIBUNEKOMPAS) 
By: Wiwik Priyanto.  

- Hari pertama pengadakan Ujian Nasional (UN) di Wilayah kabupaten Wonogiri pada hari Senin (15/4), tidak absennya 13 dari jumlah 10.104 siswa yang absen, tidak bisa mengikuti UN. Rinciannya, terdiri dari   12 siswa SMK, dan 1 siswa SMA.

Sebanyak 12 siswa SMK, itu semuanya telah megajukan permintakan  pengundurkan diri. Sehingga mereka tidak akan ikut UN susulan,'' terang Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri, Siswanto. Sementara itu, Kabid SMP/SMA, Suwanto mengatakan ada seorang siswa SMA 1 Wonogiri yang tidak mengikuti UN karena sakit.

Kepala SMA 1 Wonogiri Mulyadi, mengatakan, ada satu muridnya yang tidak mengikuti UN, karena sedang  sakit tipus dan kini baru  menjalani perawatan dirumah sakit Solo, ''Atas nama Fathoni Saktia Taqwawan, siswa kelas XII IPA-3,'' terang Kasek Mulyadi. Mereka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti UN susulan, yang nantinya akan laksanakan  mulai Senin mendatang (22/4).

Bupati Wonogiri yang diwakili Sekda Budisena, didampingi Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugaraha, memimpin tim sidak pelaksanaan UN ke tiga sekolah. Yakni ke SMA 1 Wonogiri, SMK 1 Wonogiri dan ke SMK Sudirman Wonogiri. Di SMA 1 Wonogiri, tim sidak mendapatkan penjelasan bahwa UN diikuti oleh 338 dari 339 siswa, karena ada seorang murid yang sakit yang kini tengah dirawat di rumah sakit. Para murid, melaksanakan UN di 18 ruang kelas. Hari pertama, mengujikan mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia selama 2 jam.

Untuk pelaksanaan hari kedua, Selasa (16/4), terkait dengan jadwal UN mapel Bahasa Inggris, Kepala SMA 1 Wonogiri, Mulyadi, telah melaporkan permohonan ijin agar ada pengalihan arus kendaraan bermotor yang biasa melintasi sekolahannya. Yakni mulai pukul 10.30 sampai 12.30, untuk menghilangkan dampak kebisingan, agar tidak mengganggu pelaksanaan UN mata pelajaran Bahasa Inggris.

Sedangkan permohonan pengalihan arus kendaraan, itu sudah kami koordinasikan dengan Satlantas Polres Wonogiri,'' terang Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto. Untuk arus lalu lintas kendaraan bermotor, akan dialihkan melewati Jalan Pemuda, Jalan Kabupaten dan baru kembali ke jalur semula, dengan tidak melewati SMA 1 Wonogiri.

Kepala SMK 1 Wonogiri, Suwandi, menjelaskan jumlah murid kelas XII yang tercatat dalam Daftar Nominatif Tetap (DNT) ada sebanyak 378 siswa. Tapi, terang Wakasek Drs Sutardi, ada seorang siswi yang meninggal dunia  atas nama Yohana. Karena itu, murid yang telah mengikuti UN sebanyak 377 siswa.sedangkan Kepala SMK Sudirman, Sumardi,juga memberikan penjelasan , jumlah muridnya yang ikut UN [ Uian Nasional ] ada sekitar 306 siswa. ''Semuanya masuk mengikuti UN terdiri dari 17 ruang kelas,'' terangnya.

Kabid SMK Disdik Wonogiri, Tunggal Widodo, menghimbau , agar para murit  SMK dapat mengerjakan  UN dengan hati hati supaya  seperti tahun lalu, ada sebanyak 173 siswa SMK di Wonogiri yang meraih nilai 10. dan tahun ini, kita berharap  jumlah nilai 10  dapat peningkatan  lagi,'terang Tunggal Widodo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar