Kamis, 15 Agustus 2013

Balita Meninggal Usai Dipindahkan dari Ruang ICU

BEKASI, TRIBUNEKOMPAS.
By: Komaruddin.

- Balita meninggal dalam perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi, Rabu, 14 Agustus 2013. Anak berusia 5 tahun bernama Bunga itu tidak tertolong setelah dipindahkan dari ruang intensive care unit ke ruang inap tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Tribunekompas, anak dari pasangan Abas dan Yeni itu sempat dibawa ke Rumah Sakit Mekar Sari dan Rumah Sakit Bella, Kecamatan Bekasi Timur. "Terakhir kami bawa ke RSUD Kota Bekasi," kata Abas. Bunga sampai di RSUD Kota Bekasi pada Selasa siang dan langsung dirujuk ke ruang ICU. "Kami lega karena dia langsung mendapatkan penanganan medis."

Ketenangan Abas dan Yeni tak berlangsung lama. Sebab, sebelum kondisi Bunga stabil, petugas rumah sakit memindahkannya ke ruang inap. Di ruang inap itulah kondisi Bunga terus menurun dan sempat mengalami koma. Sekitar pukul 07.15, Bunga meninggal.

Mengetahui anaknya meninggal, Abas menangis histeris. Dia pun sempat mengamuk di ruang dokter, mempertanyakan soal penanganan Bunga yang dipindahkan ke ruang inap tanpa izin orang tua. "Kenapa belum sehat betul sudah dipindahkan dari ruang ICU," kata Abas. "Saya akan menuntut."

Direktur RSUD Kota Bekasi, Titi Masrifahati, mengatakan masih menyelidiki kasus kematian Bunga. Dengan demikian, ia belum bisa memberikan penjelasan apa pun mengenai kesalahan tindakan medis terhadap anak itu. Pada saat dihubungi, Titi mengaku sedang menggelar rapat dengan tim dokter dan perawat yang menangani Bunga. Di dalam rapat, dia akan meminta penjelasan kepada petugas medis mengenai prosedur penanganan Bunga. "Kami masih mengumpulkan data mendalam," kata Titi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar